Membuat Dan Mengelola Menu di WordPress


Ternyata Membuat Menu dan mengelolanya pada website WordPress tidaklah sulit, contohnya adalah gambar sperti dibawah ini.

Membuat-menu-di-wordpress

Tetapi bagaimanakah jika kawan ingin membuat page dan tidak mau ditampilkan pada halaman website ( Hiden Page) misalnya utuk halaman terima kasih atau untuk halaman setelah user mengirim Contact dan user mendaftar.

Selain itu bagaiamana jika ingin membuat page yang untuk link pada website yang lain ?

Untuk menyembunyikan page sebenarnya bisa menggunakan plugin Wp Hide Pagesdan untuk link page kehalaman lain bisa menggunakan plugin Page Links To , tetapi jika kawan banyak menggunakan plugin maka otomatis kerja server akan semakin berat.

Untuk itu saya akan membagikan sedikit trik untu mengelola Menu pada WordPress, supaya untuk pemakaian plugin supaya bisa dikurangi.

Baiklah kita mulai …

Pertama-tama saya mau menunjukkan halaman default Home pada WordPress, disana hanya ada Menu Home dan Sample Page.

halaman-home

Selanjutnya buka halaman Dashboard dan cari Appearance –> Menus kemudian klik.

Dashboard-Menus

Setalah masuk ke Menus, buat Menu Names baru yang akan dipakai sebagai menu dan beri nama Menu Utama atau terserah anda kemudian klik Create Menu.

Create-Menu

Untuk menentukan sebagai Menu Utama pada themes anda maka tentukan padaThemes Location, plih pada Drop Down lalu setelah ketemu klik Save.

Theme-Locations

Sekarang kawan tinggal memasukkan Menu yang akan ditampilkan pada halaman website, geser agak kebawah Theme Locations cari page yang akan ditampilkan. Pilih View All.

Untuk menampilkan bisa mencentang pada pilihan page dan jika tidak ingin menampilkan page yang dimaksud jangan dicentang, jika ingin menampilkan semua pilih pilihan Select All.

Setelah selesai memilih page yang akan dibuat menu , klik Add to Menu.

Page Add to menu

Nah…sudah muncul untuk menunya

Menu Page

Untuk Categories pun bisa ditampilkan sebagai Menu, geser agak kebawah Pages ada Categories.

Sama seperti page, pilih tab View All untu menampilkan seluruh categories, selanjutnya pilih menu untuk ditampilkan, jika ingin semua ditampilkan centang semua ( Select All ).

Setelah itu jangan lupa klik Add to Menu.

Categories menu

Oh ya…! Jjika seluruh Page maupun Categories dibuat sebaris maka akan sangat panjang, untuk menghemat tempat dan membuat tampilan semakin bagus maka menu mesti dibuat sistem dropdown dimana kawan pilih sebagai menu dan secondary menu.

Caranya sangat simple dan mudah, kawan tinggal drag untuk dibuat secendary menu ke munu utamanay lihat gambar bawah :

Drag secondary menu

Pada menu yang sudah saya beri tanda kotak merah dipakai sebagai Secondary Menu yang akan tampil jika mouse ditaruh diatas menu .

Kawan tinggal memilih mana yang akan dipakai sebagai Secondary Menu dan drag ke Menu Utamanya.

Setelah selesai semua jangan lupa klik Save Menu.

Dan beriku ini hasilnya:

Drop Down Menu

Demikian cara untuk membuat Menu , Drop Down Menu dan Hiden Menu serta mengelola menu, dan jika kawan membuat page baru maka otomatis tidak akan muncul ke halaman website dan untuk memunculkannya maka kawan perlu untuk menambahkan ke menu seperti tutorial diatas.

Komentarnya donk ?

Sumber : www.rudydevianto.com/

0 Komentar untuk "Membuat Dan Mengelola Menu di WordPress"

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top