Terimakasih telah mengunjungi Zaenal blog. Semoga bermanfaat. 

Istilah dalam ADSENSE


Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Kita mulai Sharing kali ini dengan Bismillahirrahmanirrahim. Pertamakali membuka akun Google Adsense, cukup banyak Istilah dalam Adsense yang tidak saya pahami, seperti Ad Unit, Alternate Ads, CTR (Click Through Rate), CPC (Cost Per Click), dan masih banyak Istilah dalam Adsense yang tidak saya pahami. Untuk itu, kali ini penulis ingin Sharing dengan Sahabat Blogger semua tentang Istilah dalam Adsense. Berikut adalah Istilah-Istilah dalam Adsense yang akan kita bahas.



Publisher

Publisher adalah pemilik akun Adsense yang sudah di Approve dan terdaftar serta pemasang Iklan di Blog/Situs milik mereka sendiri.


Ad Units

Ad Units yaitu iklan AdSense itu sendiri. Ada beberapa Ukuran dan jenis Ad Units.  jenis iklan teks dalah yang paling umum kita lihat. dan pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya saat ada iklan yang di klik oleh pengunjung Blog/situs. .


Link Units

Link Units memiliki  format mirip dengan format  yang  kita temui di Blog/situs website. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google.Realitanya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.


AdSense for Content

AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.


Alternate Ads

Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.


Channels

Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.


Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.


CTR (Clickthrough Rate)

CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).


CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.


eCPM (Effective CPM)

eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

Demikian Istilah dalam Adsense yang kita bahas, semoga bermanfaat bagi sahabat Blogger yang mencari info tentang Istilah dalam Adsense. sampai jumpa pada posting selanjutnya.
Tag : Adsense
0 Komentar untuk "Istilah dalam ADSENSE"

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top