Panduan & Strategi SEO

Panduan & Strategi SEO, judul yang cukup unik dan menarik menurut saya, walalupun belum menguasai Strategi SEO, namun saya ingin sharing hasil dari apa yang saya baca dari kesimpulan Ebook SEO. Cukup menghabiskan waktu memang menulis artikel ini, namun agar saya lebih mempermudah mereview apa yang saya dapatkan dalam ebook tersebut dan bisa berbagi dengan sahabat Blogger semua.

Inti dari ebook tersebut adalah bagaimana caranya agar situs/blog yang kita miliki berada pada halaman pertama Google dan strateginya yang digunakan, dan strategi ini banyak dipakai oleh para kontestan SEO dan juga para pebisnis Online untuk mengembangkan produknya.

Tidak perlu bertele-tele dan Langsung saja menuju ke Point intinya, diantara kesimpulan Panduan dan Strategi SEO ada 4 Point diantaranya adalah:

1. Menentukan kata kunci/Keyword yang ingin dicapai (menentukan Goal)!

Untuk mencari dan menentukan Keyword/kata kunci, kita bisa menggunakan sebuah alat sederhana namun sangat ampuh yaitu:

Pemilihan kata kunci yang tepat sangat penting sebelum melakukan optimasi terhadap Sebuah website/blog. Karena jika anda muncul di urutan teratas di kata kunci dimana tidak banyak orang yang mencari, maka tetap anda tidak akan mendapatkan banyak kunjungan.

Jika anda ingin membuat website tentang “Bengkel las & Alumunium”  misalnya, maka kita perlu selami bidang Bengkel las dan Alumunium ini dengan cara melakukan riset, banyak membaca, mencari tahu kata-kata apa yang digunakan oleh target pasar anda untuk menemukan informasi yang mereka inginkan dari search engine. Anda juga perlu mengetahui siapa saja pesaing anda di search engine, dan kemudian mencari tahu kata kunci apa saja yang mereka pergunakan/targetkan di website mereka. Dengan kata kunci apa saja website-website pesaing anda muncul di hasil pencarian.

 Dengan mengetahui hal itu, anda akan mempunyai persiapan yang lebih baik untuk menjadi ranking di kata kunci apa. Dan ini sudah saya praktekan di blog saya Bengkel-Las-Kharisma.com yang saya buat tentang Bengkel las dan Alumunium, hasilnya cukup lumayan, dengan kata kunci/ Keyword “Bengkel Las” dan ”Kusen Alumunium” blog saya berada  dihalaman pertama Google,hehe. Coba silahkan di cek sendiri!

2. Optimisasi Onpage SEO di website/blog anda.
Mengenai Optimisasi Onpage SEO di website/blog pernah saya Jelaskan di Postingan saya sebelumnya, yang belum membacanya, bisa dilihat di Tips SEO dasar tentang Optimisasi Onpage SEO di website/blog.

3. Dapatkan banyak tautan balik/Backlink ke website/blog anda
Untuk mendapatkan Tautan balik/Backlink salah satu caranya bisa dengan menggunakan dan memasang script tukar link di website/blog anda. Seperti di Blog ini juga sudah saya pasang. Dengan cara ini kita akan mendapatkan Backlink dari Blog yang kita ajak tukaran Link.

Ada juga cara lainnya untuk mendapatkan Backlink, yaitu banyak memberikan commentar di blog dengan bidang apa saja. Sesuai dengan ungkapan, Banyak memberi, maka banyak pulalah yang kita dapatkan, dan semakin kencang kita melemparkan dan memantulkan Bola, maka kencang pulalah bola yang kembali kepada kita.

Cara ini sudah banyak digunakan oleh sahabat Blogger saya smua. Hehe….. ada istilah blog “DO Follow”, yang memiliki slogan”Lo komen gw komen, lo follow gw follow”,hehe….lucu juga ya..

4. Website anda perlu mendapatkan sebanyak mungkin anchor text.

Masih ingat apa itu anchor Text? Saya rasa sebagian besar sahabat Blogger sudah banyak yang mengerti, namun mungkin ada yang belum paham, bisa dibuka kembali postingan saya sebelumnya tentang Backlink & Anchor Text.

Anchor text merupakan bagian yang sangat penting dari proses SEO. Anchor text sendiri adalah tidak lebih dari tautan balik lengkap dengan kata kunci pada link menuju ke website anda.

Demikianlah 4 kesimpulan mengenai Panduan dan Strategi SEO yang saya rangkum dari ebook SEO dan beberapa referensi lain. Stelah melakukan 4 strategi diatas, dan menguji seberapa perkembangan SEO blog/website anda sekarang di serps (posisi anda di search engine). Kita bisa menchecknya secara berkala dengan Alat untuk sederhana melihat posisi website anda ada di:

Sampai sini dulu postingan kali ini tentang Panduan dan Strategi SEO, smoga bisa bermanfaat buat sahabat Blogger sekalian, apalagi yang sedang ikutan Kontes SEO,hehe. Dah keburu ngantuk nih, See u at Next post..hihiii

53 Komentar untuk "Panduan & Strategi SEO"

mantap gan
nice infoo

walaupun SEO rumit tp postingan diatas bisa menyederhanakannya.., thx ilmux pak :)

Share yang sangat bermanfaat Sob..Setidaknya ini merupakan bagian dari sebuah ilmu blogging yang sedikit banyaknya harus kita pahami...happy blogging!

bagus juga nih buat di terapin

kunci posisi bagus di SERP itu nama unik, link building on page maupun off page, dan page view, ehehee..
tapi kalo utk kontes SEO, beda lagi mgkin ceritanya :D
makasih infonyaa ;)

@On The 7 smoga bermanfaat gan

@Rohis Facebook ane msh belajar ne sob,
buat rangkuman sendiri aja,hihi...
thanks

@Iskaruji dot com masih mencoba memahami tahap demi tahap ni sob...thanks,hiii

@Zh!nTho Silahkan Gan, Thanks

@Ladida Cafe Bener sob, banyak Banget Teori SERP, tapi yang pentng nyoba aja dah, hihiii....
thanks sob...

bagus tuh seo on page , saya sering menggunakan trik tersebut :)

dari dulu klo ngebahas seo nggak lulus2 dah saya,(mumet)..tpi tetep mau dipelajarin juga.
sebelumnya terima kasih tipsnya gan :)

@Ageboy ane juga blon dapet ijazah SEO nih, kgak pernah naek kelas,cuman Posting doang,hihiiiii

Artikelnya bagus sobat
Salam kenal

Susah-susah gampang ya ternyata, pasti butuh waktu lama, hehehehehe

Semangat nge-blog sob

dari dulu sampe sekarang ane ga paham yg namanya SEO , mungkin masbro bisa bantu ==' . Selamat ya buat terbentuknya The 7Shadowz

Belajar banyak nih di sini tentang SEO..terima kasih

WAAHHHH TEMPLATE BARUUU!!!! mantap banget templatenya :D tambah cerah dan lebih elegan mas zaenal
hehehe support deh buat mas

belajar SEO sangatlah penting sob nuat kita yg hobi blogging,, hehehe,, btw style nya ganti nih,, makin ajib aja,, :D

izin baca baca lagi artikelnya sob sekalian meramaikan suasana =))

manteb dah, sudah saya coba :D

waw langsung ganti template lagi :D

wah gw kudu banyak belajar kemari nih

Wah Template Baru nih gan.Keren gan.Izin nyimak ya sambil santai dulu hehehee.Ada sajian baru di blog saya, siapa tahu berkenan mencicipi yah.

Sangat cerdas dan teknis sekali ulasan Sobat; Saya langsung mengkaji ulang blog saya, adakah sudah memenuhi empat kriteria tersebut? Mudah-mudahan saya bisa mengaplikasikan petunjuk ini, dan blog saya makin SEO friendly.
Salam sahabat...

wihhh makin seger style blognya skrng gan...mantap.

wahhh makin ajib aja nih tampilan blognya,, ehhee,, manteb sob,, :D

panduan SEO-nya sangat menarik sobat, jadi niat segera menerapkannya, terimakasih sudah berbagi info, salam sukses selalu :-)

template yang sangat bagus nih sekarang sob :)

Bisa, bisa,
ane Praktekin..
stelah yang lewat ini

wee template baru nih masbro , template baru semangat baru :D

Masalah SEO ini emang masih menarik tuk dibahas.. khususnya yg punya Blog!!!
Karena penting BGT biar bisa ditelusuri lewat SERP!!
^_^
Info yg MANTAFF BGT Sobat!!!

Berkunjung pagi sahabat sambil belajar seonya lgi :)

wah hebat nih si om, thanks ya

Kemarin, usai baca ulasan Sobat, langsung mengoprek-oprek "kata kunci" di blog saya. Namun, hingga kini saya masih bingung, kata kunci untuk blog saya apa iya?!?!?! Dan satu hal lagi, kalau kita pakai domain .id biasanya sulit menempati ranking pertama!

berkunjung lagi sob,, ikut meramaikan suasana,, :D

Kemabali lagi ya sobat.Ikut patrol biar ramai di sini.

ijin nyimak dulu gan :)

kunjungan ke mari lagi ah sob nuggu postingan barunya terbit :)

wow menarik,love,peace and gaul.

Sipp, udah di coba Gan,

berkunjung lagi sahabat shadow..:D

Terimakasih mas ini sangat berguna sekali terutama buat pemula spt saya.

mohon maaf baru bisa hadir sobat,,,
strategi dalam negblog memng perlu supaya blog kita mikn populer sobat...

Kalo udah ngomongin sebuah atau beberapa Strategi untuk SEO pasti seru dan manfaat. Karena SEO loe SEO guwa berbeda. So.. saling berbagi dan manfaat akan kita rasakan bersaman. Nice articles

Blogwalking :D, Kunjungi balik dan kasih komentar ya sob! :D

izin baca-baca lagi sob artikel ini sekalian berkunjung rutin :)

mantapp kawan.. thank dah berbagi

mantap sob tips SEO nya,, ijin nyimak lagi biar lebih afdoll.. hehee

Saya setuju dgn isi dri artikel anda mengenai "Ada juga cara lainnya untuk mendapatkan Backlink, yaitu banyak memberikan commentar di blog dengan bidang apa saja. Sesuai dengan ungkapan, Banyak memberi, maka banyak pulalah yang kita dapatkan, dan semakin kencang kita melemparkan dan memantulkan Bola, maka kencang pulalah bola yang kembali kepada kita".btw nice info mas

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top