Catatan TAHAPAN SEO

Catatan TAHAPAN SEO-untuk menambah Koleksi Tips SEO & artikel SEO yang saya dapatkan dari Promosi-Web dot com, Berikut adalah beberapa tahapan proses yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan search engine optimization:

  1. Jika memungkinkan, mulailah dengan website baru yang belum pernah dipublikasikan atau didaftarkan ke search engine. Pilih sebuah domain yang paling tepat untuk mewaliki brand dari usaha Anda. Akan lebih baik jika Anda dapat menggunakan salah satu kata kunci (keyword) utama pada domain, selama tidak bertentangan dengan brand Anda.
  2. Kuasai dasar-dasar HTML. Banyak teknik-teknik SEO yang akan menuntut Anda untuk mampu melakukan editing langsung pada kode HTML. Setidaknya Anda bisa melihat dan memahami kode-kode tersebut beserta strukturnya secara umum. Anda bisa mulai belajar dari buku-buku HTML atau artikel-artikel online seperti yang tersedia di situs IlmuKomputer.com.
  3. Pilih 2 atau 3 kata kunci yang kira-kira paling tepat untuk mewakili isi (content) dari website Anda. Dalam hal ini jangan asal tebak dalam memilih keyword-keyword tersebut. Kata kunci yang Anda kira tepat belum tentu banyak dicari pengunjung melalui search engine. Gunakan alat Bantu seperti yang disediakan oleh Wordtracker.com. Situs ini menyediakan daftar kata kunci populer berdasarkan record yang dimiliki beberapa search engine utama. Jangan pernah memilih kata kunci yang terlalu umum seperti hotels, vacation, atau travel. Persaingan keyword-keyword umum seperti ini sangat ketat dan akan sangat sulit bagi Anda untuk dapat masuk 10 atau 20 besar. Disamping itu pemilihan keyword-keyword umum belum tentu dapat mendatangkan pengunjung yang tepat untuk website Anda. Misalnya, jika website Anda menawarkan paket-paket liburan di Indonesia, akan lebih baik menargetkan keyword yang lebih spesifik seperti Indonesia vacation packages atau lebih spesifik lagi Bali vacation packages. Pengunjung yang datang dari keyword vacation, belum tentu akan membutuhkan jasa Anda, sebab ia belum tentu membutuhkan informasi mengenai paket liburan di Indonesia. Mungkin saja ia membutuhkan liburan di Hawaii atau bisa jadi hanya mencari artikel mengenai tempat-tempat liburan di seluruh dunia. Inilah yang saya sebut sebagai pengunjung yang tidak tepat.
  4. Tulislah teks untuk website Anda berdasarkan kata kunci yang telah Anda pilih. Untuk halaman depan, usahakan membuat teks dengan panjang minimal 300 kata. Gunakan kombinasi dari keyword-keyword utama pada 300 kata ini. Namun yang perlu Anda ingat, jangan membuat kombinasi keyword yang berlebihkan sehingga teks Anda tidak enak untuk dibaca. Disinilah dituntut ketrampilan Anda dalam menulis sebuah artikel.
  5. Rancanglah sebuah title tag yang baik. Title tag sampai saat ini masih sangat berpengaruh dan digunakan sebagai acuan untuk menentukan relevansi dari sebuah web. Title tag tidak usah terlalu panjang, cukup 60 - 70 karakter. Usahakan pula memakai kata kunci utama yang telah Anda pilih. Title tag harus benar-benar mencerminkan apa isi dari website Anda.
  6. Buatlah meta tag secara optimal. Walaupun saat ini meta tag tidak terlalu memegang peranan, namun beberapa search engine masih menggunakannya sebagai pembanding bagi isi website Anda. Artikel yang lebih lengkap mengenai meta tag bisa Anda baca disini.
  7. Mulailah melakukan pendaftaran ke search engine dan direkroti utama, dengan melakukan pemeriksaan teknis sebelumnya. Pastikan semua link di web Anda berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada javascript error, gambar yang tidak tampil, atau kesalahan-kesalahan sejenis. Dalam melakukan pendaftaran ke search engine, lakukan secara manual melalui form Add URL yang telah disediakan oleh masing-masing search engine. Jangan pernah menggunakan software submit otomatis sebab keberhasilannya tidak dapat dijamin. Jangan mudah tertipu oleh jasa-jasa submit yang menjanjikan pendaftaran ke 500 atau 1000 search engine sekaligus. Anda sama sekali tidak memerlukan jasa tsb. Hanya ada 3 search engine besar dan 3 direktori utama yang perlu Anda beri perhatian khusus.
  8. Mulailah membangun link popularity. Link popularity adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan dari proses SEO Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh, diantaranya dengan menyumbangkan artikel ke website lain yang dibawahkan Anda selipkan copyright dan link ke website Anda. Anda juga dapat melakukan pertukaran link dengan website sejenis, atau situs-situs lain yang contentnya kira-kira bermanfaat untuk pengunjung Anda. Jika Anda menulis content dengan baik, dan isinya bermanfaat untuk banyak orang, maka secara alami akan banyak orang yang mereferensikan situs Anda. Inilah yang disebut sebagai konsep natural link. Dan natural link adalah poin utama yang paling dihargai oleh search engine.
  9. Hal terakhir yang sangat perlu Anda perhatikan adalah berusaha bermain jujur. Anda tidak usah mencari metode atau cara yang tidak umum, untuk mencurangi search engine. Perubahan cara kerja search engine dapat terjadi setiap saat, dan tentu saja dapat berdampak baik atau buruk pada website Anda. Namun Anda tidak usah membuang-buang waktu untuk mencari bagaimana sebenarnya poin-poin ajaib yang dipakai Google atau Yahoo. Percayalah, tak seorangpun mengetahui metode ini, kecuali staff teknis Google atau Yahoo sendiri. Saya lebih menyarankan agar Anda berkonsentrasi mengembangkan content, dan membuat website Anda lebih baik dari hari ke hari. Trik curang dengan cara apapun merupakan bahaya besar untuk bisnis Anda kedepan.
sumber PROMOSI-WEB.COM
14 Komentar untuk "Catatan TAHAPAN SEO"

wah artikel yang menambah wawasan nih..
ane jg masih kudu mendalaminya sedikit tentang hal2 mengenai seo.karena ketertarikan saya bang..
thanks bang infonya...:)

wow @_@
kok sepertinya rumit ya

sip bang tips SEOnya...tips yg bermanfaat sekali
terimakasih dan salam sukses selalu untuk abang

Thank's info nya sobat,,,,,

nice share and happy blogging sobat

salam ukhuwah..., nice post sobat..! :D, insya Allah link sobat masuk dlm daftar link sahabat sy.. :)

mantep bang belajar SEO mank susah susah gampang bang zainal :D

alhamdulillah bertambah lagi ilmu mengenai SEO dari blog ini, terimakasih sobat sudah berbagi info :-)

wajib di save nih sobat catatan terhadapt SEOnya...

keren Sob catatannya... bkin smangat buat belajar terus,,,,

salam blogging... ^_^

ane gak pinter dalam menyusun kata gan.. meta tag ane ja katanya di ulang,, seksi, seksi lagi, lagi seksi..wkkwkw parah dach kalau ente ngeliat...


#jadi-malu

wah ternyata ga mudah ya gan ngeblog itu, harus ngurus ini itu. yang 3 search engin utama apa aja gan? google yahoo ma bing ya? klo directeri apa aja gan? ane mau belajr ni ama agan.

nice post, terima kasih ilmux pak...! emank klo ngomong SEO gk ada habis2x, bikin pusing aja heheh... *smile

@cerita anak kost:ane juga msh belajar Boss,itu ringkasan dari promosi-web.com.
coba aja di cek ke TKP...

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top