Terimakasih telah mengunjungi Zaenal blog. Semoga bermanfaat. 

PeBisnis itu Attitude, bukan Pekerjaan

PeBisnis itu Attitude, bukan Pekerjaan-Setiap orang Sebenarnya bisa menjadi seorang Pengusaha. Namun Kuncinya adalah 'Mau atau Tidak'?. dan Kuncinya hanya Yakin dan jangan takut gagal. Langkah awal untuk memulai Usaha adalah membuang jauh-jauh persepsi kegagalan. Pikiran buruk mengenai rintangan hanya akan membuat ragu.

Namun, anggapan bahwa menjadi entrepreneur/wirausahawan itu adalah pekerjaan, Membuka usaha adalah pekerjaan, Berbisnis adalah pekerjaan sudah menjadi persepsi dan fenomena umum saat ini. Sebenarnya, bisnis itu adalah sikap mental. Mental wirausahawan, mental Fighter, mental pemberani, berani ambil resiko dan berani berspekulasi (Alias Nekat walaupun modal dengkul).

Apakah yang dimaksud dengan sikap/Mental? Sikap/Attitude/Mental adalah cara pikir atau cara pandang kita dalam melihat sesuatu. Setiap orang mempunyai persepsi berbeda dalam memandang sesuatu. Misal seorang pencuri mencuri karena ingin memberi makan keluarganya yang kelaparan. Sebagian orang menganggap ia seorang pencuri karena mengambil hak orang lain, tetapi sebagian mungkin akan berpendapat sebaliknya dan menganggap ia sebagai pahlawan bagi keluarganya. Itulah cara pandang atau attitude.


Kita bisa memulai membuka usaha, usaha apapun itu, bahkan hingga nekat keluar dari pekerjaan kita. Namun kalau mentalnya masih mental karyawan, nggak butuh waktu lama agar usaha itu tutup. Dan seorang karyawan-pun kalau mentalnya mental pebisnis, maka dia akan punya penghasilan melebihi bosnya.

Sayangnya walau menjadi pebisnis tapi mentalnya karyawan. Coba Lihat bagaimana Ciri-ciri dan cara kerja karyawan:

Rutinitas : Hari-hari berlalu seperti kaset rusak. Muter aja diulang-ulang gak ada perubahan
Takut hal baru : Kalau ada kerjaan baru, strategi baru, tempat kerja baru, atasan baru, biasanya mengeluh padahal belum juga dilaksanakan

Menunggu kerjaan : Karyawan suka menunggu kerjaan daripada mencari kerjaan. Prinsipnya kerjaan saya selesai lalu santai. Kerjaan lain biar diurus bagiannya masing-masing. Ngapain ngerjain kerjaan orang.
Lebih semangat minta naik gaji daripada naikkan kontribusi : Kontribusi pada perusahaan gitu-gitu aja tapi gaji minta naik tiap tahun. Alasan naik gajinya juga gak masuk akal, gara-gara beras naik dan BBM naik. Emangnya perusahaan lembaga sosial yang ngurus sembako?

Malas Belajar : Karyawan biasanya jauh dari buku dan dekat dengan koran. Jangankan ikut seminar, training atau lainnya, baca 2 halaman buku aja udah pusing. Mereka lebih suka santai ngopi dan baca koran yang isinya pembunuhan, perampokan dan pemerkosaan.

Pengen terlihat kaya walau fakir : Lebih mengedepankan keinginan daripada kebutuhan. Hobinya membelanjakan barang-barang mewah, elektronik, mobil baru, rumah direnovasi tiap tahun, baju baru tiap bulan, jalan-jalan ke sana-sini. Tapi sebenarnya hutangnya besar. Investasi nol.

Nah, jika anda menjalankan bisnis tapi masih punya sifat-sifat itu, maka berarti anda pebisnis bermental karyawan. Lama suksesnya kalau nggak mau dibilang gak bakal sukses. Walau anda punya uang banyak dan bisa bangun rumah makan tapi kalau mentalnya masih seperti diatas, insya Allah cepet tutup tuh Usaha.

Tapi jika anda punya mental sebaliknya. Walau modal gak punya, insya Allah sukses sudah di depan mata. Gak perlu minder jadi karyawan, yang penting mentalnya pengusaha. Daripada anda nekat keluar kerja, buka usaha sendiri tapi mental masih mental karyawan, itu sama aja bunuh diri.

Postingan ini sebenarnya sangat memecut saya pribadi, yang baru buka usaha, nekat keluar kerja tapi masih memiliki mental karyawan dan ciri-cirinya yang sebagian disebutkan diatas. Semoga juga bisa bermanfaat buat sahabat Blogger yang ingin terjun kedunia usaha, baik Offline maupun Online, hehe....Salam Blogging mania.

Sumber : luthvieavandi.com, dan sumber lainnya.
17 Komentar untuk "PeBisnis itu Attitude, bukan Pekerjaan"

harus punya persiapan ya kalau mau berbisnis :)
masyaAllah

Nurmayanti zain:
betul mbak,
segala sesuatunya memang butuh persiapan,
Kullu syai'in BiI'dad....
thanks uhkti...

ya bener harus da persiapan. N maksaih infonya menarik

wah.. bagus artikelnya sob.. emang attitude itu harus dilatih, karena kalo gak dilatih gak mungkin bisa berubah.. betul gak sob?

sangat menarik sekali sobat...

sepertinya saya harus belajar bisanin dari sekarang,karena tinggal beberapa bulan lagi saya lulus sekolah

wah kalau AKu miskin2 Aja deh, karena kalau terlihat kaya malah justru dampakX negatif

Wah, jadi kalo berbisnis, tergantung individunya lagi ya sob...

absen pagi di blog sobat terbaik untuk menyambung silahturaim sobat...

@Download Buku Gratis:Betul sekali sobat,tapi sekali aja ya betulnya,hahaha.....
Smua Bisa dilatih asal ada kemauan yang kerass sob....

@BLOGCUNAYZ:Lebih cepat lebih baik sobat Cunays.....
Semangatt...

wah bener sekali sob :)
Nice share about bisnis :)

I'm not sure where you're getting your information, but great topic.
I needs to spend some time learning much more or understanding
more. Thanks for wonderful info I was looking
for this information for my mission.
My web blog :: http://blog.ahnlab.com/ahnlab/tag/339?TSSESSIONblogahnlabcom=57e21a42421470655b62fdeb16b30e41

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top