Terimakasih telah mengunjungi Zaenal blog. Semoga bermanfaat. 

Berdagang sambil mengajar

Sebelum shalat Jum'at dimulai, dan sepulang dari salah satu Labs School kaizen kemarin, merupakan momen yang tak terkira datangnya. Pasalnya Ia diberikan kesempatan  emas mentranfer ilmu yang didapat dalam Pondok pesantren dan ruang kuliah sbagai pengajar Part time disekolah tersebut untuk mengajarkan siswa SMP dengan materi bahasa Arab. Memang salah satu pintu rezki teragung adalah via dagangan, transaksi jual beli, dan pintu rezeki banyak terdapat pada jual beli. Namun, alangkah lebih indah lagi berdagang sambil mengajar. Karena “Mengajar adalah pelayanan kemanusiaan.Sangat penting untuk memberikan kembali apa yang telah kita peroleh.“


Walaupun sempat fakum dan Off dari mengajar kurang lebih 1 tahunan karena mencoba Fokus dan terjun didalam dunia wirausaha dan berdagang, namun menurut saya mengajar kali ini adalah beda. Tujuan Mengajar yang pernah saya lakukan tahun lalu sepertinya memang salah niat, karena kala itu saya mengajar untuk mencari uang dan mencukupi kebutuhan hidup. Sehingga karena tidak sepadan antara pekerjaan dan kesejahteraan, tujuan mengajar itu mulai pudar. Sedangkan saat ini saya mengajar bukan karena uang, namun untuk memberikan kembali apa yang saya peroleh. Dan saya tidak mencari uang dalam mengajar, karena saya memiliki kegiatan lain selain mengajar, yaitu berdagang di sbuah toko di pasar bantar gebang. Berbagi itu indah, dan sebaik-baiknya belajar ternyata adalah dengan cara mengajar.

Mengajar adalah kebanggaan tersendiri bagi saya. Mengapa? Karena dalam mengajar siswa di sekolah, kita berinteraksi dengan manusia yang memiliki hati. Siswa adalah manusia. Mereka membutuhkan sosok yang bisa dijadikan panutan. Meskipun saya tahu, orang tuanya lah mestinya mengambil posisi itu. Tapi, toh kadang orang tua si anak tak peduli. Seakan orang tua sudah memutasi pendidikan anaknya ke sekolah. Sementara, tidak semua sekolah pun peduli 100% terhadap perkembangan anak.

Semoga kesempatan mengajar yang saya lakukan sambil berdagang ini mendatangkan berkah dan ilmu saya pun bermanfaat bagi banyak orang. karena "Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat terhadap orang lain". Walaupun saya bukan orang baik, namun masih terus berusaha untuk menjadi orang yang baik serta bermanfaat bagi orang lain. Demikian sharing Zaenal Blog mengenai Berdagang sambil mengajar. semoga bermanfaat. Happy Blogging.
2 Komentar untuk "Berdagang sambil mengajar"

seep sobat, kita sesama pengajar. dan sy juga sangat mencintai mengjar, karena kita bisa membagi ilmu, mengetahu karakter siswa dan bisa berinteraksi dengan orang lain sobat...

WAaaaaah hebat nih sobat bisa seperti itu,,,,,,,,,

Falah Mulyana Berkunjung di pagi hari sebelum melakukan aktifitas,,,,

Nice share sobat and Happy Blogging sobat

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top