Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  tentang  |  Pasang Iklan

Potensi diri dan macam-macamnya

1. POTENSI FISIK (Phychomotoric)

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.

Stelah kita mengetahui definisi dari Potensi diri diatas, Kita akan membahas Macam-macam Potensi diri pada Manusia. Manusia memiliki potensi diri yang dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:


  

Potensi diri ini dapat diberdayakan sesuai fungsinya untuk saling membagi kepentingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya hidung untuk mencium bau, tangan untuk menulis, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar, dan mata untuk melihat.

2. POTENSI MENTAL INTELEKTUAL (Intellectual Quotient)
    Potensi diri ini adalah potensi kecerdasan yang terdapat di otak manusia (terutama otak bagian kiri). Fungsi dari potensi ini yaitu untuk merencanakan sesuatu, menghitung dan menganalisis.

3. POTENSI SOSIAL EMOSIONAL (Emotional Quotient)
    Potensi diri ini sama dengan potensi mental intelektual, tetapi potensi ini terdapat di otak manusia bagian kanan. Fungsinya yaitu untuk bertanggung jawab, mengendalikan amarah, motivasi, dan kesadaran diri.

4. POTENSI MENTAL SPIRITUAL (Spiritual Quotient)
    Potensi ini merupakan potensi kecerdasan yang berasal dari dalam diri manusia yang berhubungan dengan kesadaran jiwa, bukan hanya untuk mengetahui norma, tapi untuk menemukan norma.

5. POTENSI DAYA JUANG (Adversity Quetient)
    Sama seperti potensi mental spiritual, potensi daya juang juga berasal dari dalam diri manusia dan berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang yang tinggi.

Dan yang Menjadi pertanyaan, Bagaimana Cara mengetahui Potensi diri pada Manusia? Nah, Berikut ini adalah cara mengetahui potensi diri, Yaitu adalah :

1. Bidang apa saja yang kita senangi. Sesuatu yang penuh gairah dan semangat kita lakukan. Tanpa harus diminta atau disuruh. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang anda lakukan. Inilah yang disebut dengan hobi. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati. Misalnya orang yang hobi memelihara tanaman, dia rajin menyiram dan merawat tanaman setiap hari. Dia rela mengeluarkan uang berapapun untuk membeli tanaman, pupuk, alat-alat dan semacamnya. Hobi bisa membawa kebahagiaan dan juga penghasilan. If we do what we love, then money will follow.

2. Bertanya kepada orang terdekat. Orang yang paling tahu diri anda adalah orang terdekat. Bisa orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Merekalah yang tahu tentang diri anda dari kecil sampai dewasa. Jadi mereka tahu apa potensi diri anda. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkan.

3. Mencoba hal-hal baru. Begitu banyak yang bisa kita lakukan di dunia ini. Wawasan, pergaulan dan keberanian yang terbataslah yang menghambat kita untuk melakukannya. Kita bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan. Tentu saja yang kita lakukan tidak boleh melanggar hukum yah. Dengan mencoba banyak hal, mungkin kita akan menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi.

4. Banyak membaca, melihat dan merasakan. Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. Jika anda suka membaca perkembangan dunia komputer, internet dan semacamnya. Anda bisa menjadi ahlinya, asalkan terus konsisten untuk menambah pengetahuan.

Potensi diri itu harus digali, sama seperti minyak bumi. Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggali minyak. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lama karena minyaknya ada jauh di kedalaman.

Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses. Jika anda sudah tahu potensi diri anda, itulah modal kesuksesan. Jika anda bisa mengembangkan potensi anda menjadi prestasi, kesuksesan sudah menanti.

Jadi, manakah yang sesuai dengan diri Anda?

4 komentar:

Rohis Facebook mengatakan... Balas Komentar

terkadang potensi dirix bagus (4 pont diatas terpenuhi)..,

tp kecerdasan spiritualx kurang bahkan kosong sama sekali..., inilah yg disayagkan Pak.., kita lihat org2 yg konon katax sukses tp cek per cek gk shalat, klo pun shalat malah ditunda2.., nice share Pak..,

Barakallahu fiikum... *smile

Zaenal Abidin mengatakan... Balas Komentar

Setuju,
memang definisi Suses disini sanagt luas sekali,
Sukses dala kacamata apa dulu,

ada sbuah ungapan, yang penting bukanlah Tajamnya,
tetapi kesungguhannya, "Man Jadda wajada",hehe

Asis Sugianto mengatakan... Balas Komentar

ternyata potensi diri itu bermacam-macam juga yach sobat???

adadeny mengatakan... Balas Komentar

happy blogging sobatt ...
jempoll buat artikelnya ...

▂ ▃ ▅ ▆ █ KUNJUNGAN BALIK █ ▆ ▅ ▃ ▂

Poskan Komentar

Doakan untuk launchingnya BELAJAR BLOGGER MASTER DOT COM agar bisa bermanfaat.
"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"