Terimakasih telah mengunjungi Zaenal blog. Semoga bermanfaat. 

Tips Ampuh Bisnis dengan Twitter

Bagaimana Caranya dan Bagaimana memulainya?

Pertanyaan ini pasti muncul bagi yang tidak akrab dengan Twitter, termasuk saya sendiri,hee. Langkah pertama tentunya anda harus memili akun Twitter dan dilengkapi dengan Foto profil anda. kalau belum tau juga cara membuat akun Twitter, bisa dibuka di Cara membuat akun Twitter. Jangan lupa untuk melengkapi biodata perusahaan anda dan membuat tautan URL situs/web perusahaan anda.


Selanjutnya, Gunakan aplikasi dan tool dari www.clickablenow.com dan www.twittercustomizer.com untuk melakukan kustomisasi latar belakang profil Twitter perusahaan anda. Sesudahnya, penyantuman akun di berbagai direktori Twitter bisa dieksekusi. Perusahaan akan diminta untuk memasukkan beberapa kata kunci terkait sehingga akan memudahkan pengguna Twitter (tweeps) termasuk perusahaan itu sendiri dalam mencari dan mengikuti akun yang sesuai dengan minat serta keperluannya.

Agar akun dikenal maka perlu aktivitas promosi melalui berbagai media, terutama media konvensional baik above maupun below the line. Apabila sudah memiliki jumlah follower yang dirasa cukup, tweet bisa mulai di-post. Sebagaimana aktivitas promosi lainnya, promosi akun perlu dilakukan berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menjaring lebih banyak tweeps baik lama maupun baru. Setiap mention atau reply yang diterima, jika relevan dan memang perlu ditanggapi, sebaiknya dibalas.

Bentuk content diusahakan beragam. Selain teks, berbagi informasi dalam bentuk foto tentang aktivitas perusahaan seperti gathering, outing, workshop, seminar, konferensi juga mutlak dilakukan. Untuk mengetahui topik apa yang sedang marak dibicarakan oleh para tweeps, Twitter Trend patut dipantau. Fasilitas Twitter Search bisa dimanfaatkan untuk menelusuri tweet yang berkaitan dengan perusahaan anda. Jika perlu dibalas, responslah tweet tersebut. Ucapan terima kasih bisa diberikan kepada para follower maupun tweeps yang melakukan ReTweeting serta memberikan feedback (saran, gagasan, kritik, keluhan serta pujian) tentang perusahaan (cocreation activity).

Dari Karyawan, Ke Komunitas Selain akun perusahaan, para karyawan perusahaan termasuk pihak manajemen diharapkan juga memiliki akun individual. Promosi atas akun karyawan dilakukan oleh akun perusahaan dan hal ini berlaku sebaliknya. Sudah banyak pemilik maupun karyawan perusahaan yang mencantumkan akun Twitter di kartu namanya maupun bentuk marketing collateral lainnya. Akun karyawan cenderung lebih fleksibel, karena dengan akun ini informasi dan cerita di luar pekerjaan dan perusahaan seperti kehidupan sosial, humor, minat, hobi bisa disalurkan. Untuk “memancing” interaktivitas, bisa gunakan pertanyaan, sementara untuk memperoleh atensi, bisa melakukan ReTweet atas tweet yang berisi pujian dan ucapan terima kasih dari follower dan tweeps lainnya.

Untuk menjaring lebih banyak tweeps, berbagi tips dan informasi seputar industri dan core business bagi masyarakat/komunitas patut dicoba.

Ada yang masih bingung bagaimana sih membangun bisnis di twitter itu, ada baiknya kita mau belajar tentang twitter dan sangatlah kurang rasanya sebagai pebisnis online kita tak menguasai yang satu ini.

Oke, langsung saja kita menuju ke Point intinya tentang Tips Ampuh Bisnis dengan Twitter. Berikut kiat-kiat suksesnya :


(1) Berbagi

Berbagi (sharing) merupakan pendekatan yang baik untuk memastikan aliran retweet dan pesan interaktif dari bisnis kita. Strategi yang memperpanjang jumlah konten dan percakapan, membuat brand yang kita bangun lebih dipercaya. Memiliki beberapa staf untuk memastikan aliran pesan di Twitter tetap mengalir juga penting.

 (2) Nge-twit di Waktu yang Tepat

Buatlah riset untuk memahami waktu terbaik nge-twit bisnis Anda agar dibaca dan dibagi.  Analisislah 199 tweets terakhir dan temukan waktu terbaik untuk mem-posting itu. Yang Anda butuhkan adalah masuk ke username Twitter dan Anda akan mendapatkan laporan empat waktu terbaik.

 (3) Bagi Informasi Bernilai

Salah satu atribut terbaik Twitter adalah kemampuannya menyebarkan pesan kita kepada sejumlah orang dalam waktu yang singkat. Dalam hitungan detik, pesan brand kita dapat dibagi ke kelompok yang besar. Konten yang lebih bernilai, akan banyak di-retweet.

 (4) Manfaatkan Hashtag

Untuk meningkatkan kemampuan mencari pesan-pesan Anda di dunia maya, hashtag adalah cara paling ampuh untuk mengirim konten brand Anda ke audiens yang spesifik dan luas, di luar pengikut Anda. Teliti hastag terakhir atau ciptakan hastag Anda sendiri untuk memperkenalkan update Anda. Hashtag spesifik soal hidup sehat misalnya meliputi #organik #melilea

Berperan serta dalam hashtag stream. Mereka bisa ngetwit tentang pengalaman mereka dalam acara tersebut, me-retweet pengalaman orang lain dalam acara tersebut, dan pada saat yang tepat, tweet-lah link-link blog perusahaan Anda, update riset Anda dan tren acara itu.

(5) Manfaatkan URL yang Singkat

Jumlah maksimum sebuah pesan Twitter adalah 140 karakter. Ini tentu bukan ruang yang besar. Untuk mencapai secara optimal berbagi pesan dengan Twitter, coba gunakan URL yang singkat seperti bit.ly. Dengan URL singkat, bukan hanya kita mendapat ruang lebih luas, tapi juga dapat memanfaatkan analisis built-in seperti tingkat klik, tanggal, waktu, dan demografi.

Semoga Tips Ampuh Bisnis dengan Twitter ini bermanfaat. Happy Blogging.

Sumber: Kompas
7 Komentar untuk "Tips Ampuh Bisnis dengan Twitter"

penjelasan no 2 gimana tu maksudnya..

waktu yang tepat.. misalnya gimana..

siang malam atau pagi..

atau emang di waktu kita log in.. itu ada 119 tweet terakhir

walah saya gak punya twitter sobat, jadi gak bisa promosi donk sobat...

Twitter memang jadi bisnis ya,,,


Falah mulyana berkunjung di blog sahabat untuk bersilaturahmi dan mengucapkan Happy Blogging sobat,,,,,,,,,,,,,

Mantappp infonya :D .
Ada benernya juga sich, ywdh deh tak Coba :D

mantabs pembahasannya,,
tapi saya masih bingung dengan twitter,, hhe,,

posting yang sangat menarik dan bermanfaat, terima kasih atas tips-nya....

Informasi twitter mendasar :)

Dut share mas brow
Sukses selalu...

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top