Terimakasih telah mengunjungi Zaenal blog. Semoga bermanfaat. 

Cara Mendekatkan diri dengan Allah SWT

Cara Mendekatkan diri dengan Allah SWT

Setiap orang didunia ini selalu berlomba lomba untuk merebut simpati dan tempat terhormat disisi pemimpin tertingginya masing masing, apakah itu bapak Direktur, Manager, Kepala divisi, Gubernur, Menteri, Presiden dan lain sebagainya. Mereka berlomba-lomba merebut simpati dan kedudukan dekat pimpinannya masing masing dengan harapan akan mendapat berbagai fasilitas dan kehormatan dari pimpinannya tersebut.

Atau Contoh lain adalah para pebisnis Online yang selalu saja berusaha mendekatkan diri dengan berbagai mesin pencari, salah satunya Google, dengan harapan agar Situs/Blognya mendapat rangking yang bagus dan berada di urutan pertama dengan berbagai cara SEO yang diketahuinya.  hehe, ngelantur..........

Jika kebanyakan manusia berebut dan berlomba-lomba untuk mendapatkan simpati dan tempat yang mulia disisi pemimpinnya masing masing, maka orang yang ber-Iman berlomba-lomba untuk merebut simpati dan tempat yang mulia disisi Allah penguasa tertinggi dialam semesta ini. Allah telah menetapkan prosedur dan cara tertentu untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Kegiatan sholat, dzikir, mengerjakan amal sholeh, menjauhi larangan-Nya, mencegah diri dan orang lain dari perbuatan maksiat adalah cara yang diridhoi Allah untuk mendapat posisi terhormat disisi-Nya. Orang yang telah mendapat pengakuan dari Allah dan mendapat tempat terhormat disisi-Nya akan mendapat fasilitas dan berbagai kemudahan dari Allah dalam segala hal.


Manusia tidak akan bisa mendekatkan diri pada Allah dengan jasadnya, karena jasad manusia sangat lemah dan akan hancur binasa dimakan zaman (usia). Manusia hanya bisa mendekatkan diri pada Allah dengan Ruhnya, karena Ruh bersifat abadi, kekal tidak akan musnah dan hancur dimakan zaman (usia). Bagi orang yang ingin mendekatkan diri pada Allah, harus betul betul memperhatikan perawatan Ruhnya. Hanya Ruh yang suci dan bersih yang dapat berjumpa dan bertemu dengan Allah didunia maupun diakhirat. Orang yang yakin akan bertemu dengan Allah, maka ia akan menemui-Nya.

Kemudian, bagaimana cara bertemu dengan Allah dan Cara Mendekatkan diri dengan Allah SWT?
Naah, Selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara mendekatkan diri dengan Allah.Beberapa cara mendekatkan diri dengan Allah SWT adalah sebagai berikut, :

1. Sholat wajib tepat waktu, selalu berdoa dan berdzikir kepada Allah
Dengan sholat, berdo'a dan dzikir kepada Allah, Inya Allah hati menjadi tenang, damai dan makin dekat dengan-Nya

2. Sholat tahajud. Dengan sholat tahajud Insya Allah cenderung mendapatkan perasaan tenang. Hal ini dimungkinkan karena di tengah kesunyian malam didapatkan kondisi keheningan dan ketenangan suasana,yang tentu saja semua itu hanya dapat terjadi atas izin-Nya. Pada malam hari, diri ini tidak lagi disibukkan dengan urusan pekerjaan ataupun urusan-urusan duniawi lainnya sehingga dapat lebih khusyu saat menghadap kepada-Nya.

3. Mengingat kematian yang dapat datang setiap saat. Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita. Dan dapat secepat kilat menjemput.

4.Membayangkan tidur di dalam kubur.Membayangkan tidur dalam kuburan yang sempit , gelap dan sunyi saat kita mati nanti. Semoga amal ibadah kita selama di dunia ini dapat menemani kita di alam kubur nanti.

5.Membayangkan kedahsyatan siksa neraka.Azab Allah sangat pedih bagi yang tidak menjauhi larangan-Nya dan tidak mengikuti perintah-Nya. Ya Allah jauhkanlah kami dari siksa neraka-Mu, karena kami sangat takut akan siksa neraka-Mu.Ya Allah bimbinglah kami agar dapat memanfaatkan sisa hidup kami untuk selalu dijalan-Mu.……

6.Membayangkan surga-Nya.Kesenangan duniawi hanya bersifat sementara, sangat singkat dibanding dengan kenikmatan di akhirat yang tidak dibatasi waktu.Semoga kita dapat selalu mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dan Insya Allah diizinkan untuk meraih Surga-Nya. Amin…..

7. Mengikuti tausyiah atau mengikuti pengajian secara rutin seminggu satu kali (minimal), dua kali atau lebih. Insya Allah... dengan mendengar tausyiah atau mengikuti pengajian, akan meningkatkan keimanan karena selalu diingatkan kembali utk selalu dekat kpd Allah SWT. Perlu dicatat, dikarenakan iman bisa turun atau naik, maka harus dijaga agar iman tetap stabil pada keadaan tinggi/ kuat dengan mengikuti tausyiah, pengajian dsb.

Begitu juga  Bergaul dengan orang-orang sholeh. Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa tingkat keimanan kita bisa turun atau naik, untuk itu perlu dijaga agar tingkat keimanan kita tetap tinggi. Berada pada lingkungan kondusif dimana orang-orangnya dekat dengan Allah SWT, Insya Allah juga akan membawa kita untuk makin dekat kepada-Nya.

8. Membaca Al Qur'an dan maknanya (arti dari setiap ayat yang dibaca)
Insya Allah dengan membaca Al Qur'an dan maknanya, akan menjadikan kita makin dekat dengan-Nya.

9. Menambah pengetahuan keislaman dengan berbagai cara, antara lain dengan : membaca buku, membaca di internet (tentang pengetahuan Islam, artikel Islam, tausyiah dsb), melihat video Islami yang dapat meningkatkan keimanan kita.

10. Merasakan kebesaran Allah SWT, atas semua ciptaan-Nya seperti Alam Semesta (jagad raya yang tidak berbatas) beserta semua isinya.

11. Merenung atas semua kejadian alam yang terjadi di sekeliling kita (tsunami, gunung meletus, gempa dsb). Dimana semua itu mungkin berupa ujian keimanan, peringatan, atau teguran bagi kita agar kita selalu ingat kepada-Nya/ mengikuti perintah-Nya. Bukan makin tersesat ke perbuatan maksiat atau perbuatan lain yang dilarang oleh-Nya. Ya Allah kami mohon bimbingan-Mu agar kami dapat selalu introspeksi atas semua kesalahan yang kami perbuat, meninggalkan larangan-Mu dan kembali ke jalan-Mu ya Allah.

12. Mensyukuri begitu besar nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Jangan selalu melihat ke atas, lihatlah orang lain yang lebih susah. Begitu banyak nikmat yang diberikan oleh-Nya.Saat ini kita masih bisa bernafas, masih bisa makan, bisa minum, masih mempunyai keluarga, masih mempunyai apa yang kita miliki saat ini,masih mempunyai panca indera mata, hidung, telinga dan...masih bisa bernafas (masih diberi kesempatan hidup). Masih pantaskah kita tidak bersyukur dan tidak berterimakasih pada-Nya.

Sumber : Hajiumroh.Com
Tag : Agama, Motivasi
21 Komentar untuk "Cara Mendekatkan diri dengan Allah SWT"

terima kasih banyak untuk artikel cara mendekatkan diri kepada AQllah SWT ini sobat...

mengingatkan kita semua kepada alloh SWT bahwasanya kita harus dekat dengan sang kholik,,,,,,,

nice post nih sobat,,,
Falah Mulyana berkunjung di blog sobat untuk bersilaturahmi dan mengucapkan Happy Blogging sobat,,,,,,,,,

Sukses selalu

Sekarang Ni Saya Lagi Mendekatkan diri sama ALLAH walaupun sholat belum sempurna :(

terharu dan sangat sedih membacanya...
terimakasih

makasih artikelnya sob :)
Jadi lebih mendekatkan diri kepada ALLAH S.W.T nih :)

Kok sedih boss.....hehe

Trimakasih sobat Falah, Happy blogging too...

Mengingat kematian adalah cara yg ampuh utk sll mendekatkan diri kpd Allah,
الَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلَُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً
------------smg kita sll menjaga komitmen utk sll beramal sholeh, dan mendahulukan akherat dr pda dunia, Amiin.-------

lengkap sekali sob.., terima kasih ya pencerahanx.., smg admin mendapat berkah dr postingan ini Aamiin.... :)

syukran akhi....
smoga diberikan istiqomah dalam kebaikan...
salam

Oke,sama2...
moga deket beneran,hehe...
aminn....

Aminn....
sama-sama sobat lentera.....
syukran doanya kawan...
Happy Blogging

ya alloh semoga kita semua selamat dunia dan akherat

mantap infonya.,. bersyukurlah kepada alloh

info yang membuat kita bersedih dan berpikir.

amiennnnn
semoga di jauhkan dari bencana..

thx sob... artikelnya sangat menginspirasi..
ditunggu karya2 selanjutnya...

monggo mampir gun..^^

terima kasih gan atas infonya ^_^

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top