Terimakasih telah mengunjungi Zaenal blog. Semoga bermanfaat. 

Do follow dan No Follow, apa perbedaannya?


Assalamualaikum.Wr.Wb. Alhamdulillah, bisa posting lagi dalam kesempatan ini. Minggu ini belum sempat menambah postingan karena ada proyek memberangkatkan Umrah karyawan PT.Elnusa Petrofindo, mengurus Paspord dan Visa umrah, serta dokumen pemberangkatan umrah. Alhamdulillah, sepulang dari ibu kota, dari markasnya BDR, dapet oleh-oleh ilmu sedikit mengenai do follow dan No Follow. maklum, saya ini masih Blogger pemula.

Mendengar istilah Do follow dan NoFollow sebenarnya sudah cukup lama, namun yang terbenak dalam diri saya adalah, Blog yang Do Follow itu suka berkomentar dan di komentari, apabila ada yang komentar di blognya, maka dia akan langsung balas komentar lagi ke blog komentator. Namun, setelah saya mencari backling dengan cara berkomentar di blog Travel dan Jurnal Haji untuk menambah Backlink blog travel saya, ternyata tutor saya mengingatkan bahwa komentar di Blog No follow tidak ada manfaatnya, buang2 tenaga, karena tidak masuk hitungan backlink Google.

Langsung saja saya cari istilah dan perbedaan antara Dofollow dan No Follow. ternyata baru sadar, bahwa No Follow tidak memberikan pengaruh pada backlink google. bagaimana cara mengetahui blog do follow dan No Follow? kalo saya menggunakan softwear SEO Quake, sehingga setiap kolom komentar dan link yang No follow akan tercoret, sebaliknya jika do Follow maka akan tidak ada coretan di linknya.

Baik, langsung kita menuju ke perbedaan sederhana antara Do Folow dan No FOllow:

#Dofollow adalah istilah untuk website atau blog bila kita memberikan komentar ke blog tersebut maka berarti kita menaruh link ke blog tersebut dan dihitung sebagai backlink oleh google.

#Nofollow adalah istilah untuk website atau blog bila kita memberikan komentar ke blog tersebut maka berarti kita tidak menaruh link ke blog tersebut dan tidak dihitung sebagai backlink oleh google. Namun orang lain tetap bisa berkunjung melalui link yang kita pasang melalui kotak komentar.

Apa kelebihan dan Kekurangan Blog Do follow dan No Follow? setiap jenis Blog memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut ini akan dipaparkan apa kelebihan dan kekurangan Blog jenis Do Follow dan No Follow.

Ini beberapa kelebihan dan kekuranganya:

#Kelebihan nofollow
- Aman dari gangguan blogger spammers yang mencari backlink asal-asalan.
- Lebih diminati search engine terlebih lagi google dalam hal seo, karena mesin pencari seperti google lebih
suka jenis ini.
- Komentar dalam blog adalah murni karena kemanfaatan blog itu sendiri baik dari segi konten maupun informasi yang di sajikan.
- Pagerank yang kita dapat murni dan stabil. Tidak cepat naik atau
cepat turun.meskipun naik berlahan namun pasti.
- Lebih menuntut kita dari segi kreatifitas posting artikel, karena komentar yang masuk tergantung kualitas postingan kita.
- Lebih ramah dalam melakukan blogwalking untuk menjalin persahabatan dan
bertukar link sesama blogger.

Kekurangan nofollow
- Tidak ada yang memberi komentar atau sedikit, apalagi komentar dari para pencari backlink meskipun begitu kita tetap yakin apabila konten atau atau artikel yang kita posting dapat memberi manfaat bagi si pembaca tersebut pasti ada yang akan memberikan komentar
- Lebih rentan ditinggal pembaca apalagi sipembaca blog tersebut adalah yang mempunyai baru.

#Kelebihan Do Follow.
- Blog jenis ini lebih disukai pembacanya karena memberikan manfaat berupa backlink gratis.
- Blog Akan banyak mendapat masukan komentar kritik dan saran yang membangun.
- Pemilik blog dianggap orang yang ramah terhadap pengunjung dan pembacanya.
- dapat Meningkatkan rangking pageview blog tersebut.
- Hubungan sesama blogger juga semakin menjadi kuat. Dan kita akan yang sering mendapat kunjungan dari blogger lain terlebih lagi pencari backlink.

#Kekurangan Do Follow
- Banyak spammers yang memberi komentar atau numpang ngiklan atau promosi,namun kita dapat menghapusnya,solusinya moderasi komentar pembaca.
- Dipastikan akan Terlalu banyak outbond link atau link keluar dampak nya kita rawan kena semprit pak polisi google,terlebih lagi sulit mendapat kenaikan pagerank dan hasil optimasi blog dapat turun.

Demikian perbedaan sederhana Do Follow dan No Follow serta kekurangan dan kelebihannya. Ketika anda sudah memahami ini smua, tinggal pilih jenih blog anda, mau jenis Do follow atau No Follow.? anda bisa merubahnya sesuai keinginan anda.
71 Komentar untuk "Do follow dan No Follow, apa perbedaannya?"

kalau menurut saya sobat, Blog Nofollow lebih disukai Google dan lebih baik daripada Do Follow, tetapi jika blog kita dofollow pasti yang komentar di blog kita sedikit sobat...

hehe.....bukannya yang banyak komentar itu Blog Do Follow sobat Asis...karena Do Follow berpengaruh terhadap Backlink bagi Google...

Emmm tapi aku tetep suka Nofolow :)

Blog saya sepertinya nofolow, dari awal belum pernah diganti atau diotak-atik sahabat

Kalo outbond link setahu saya sih yang dihitung adalah outbound link yang ada di postingan, kalo yang di kolom komentar tidak terhitung, ini sudah pernah saya check di suatu web seo, sakahayang kan blog dofollow nah hasil check outbond sudah mencapai 120 link, idealnya blog jangan sampai lebih dari 100 outbond link.

sob ini masukan saja, agar blog anda terlihat lebih cepat atau area postingan lebih cepat terbaca saat loading coba set di template sbb:

cari code berikut :

#main-wrapper{padding-left:10px;width:590px;float:left;word-wrap:break-word;overflow:hidden}

tambahkan background putih pada code di atas, lengkapnya sbb.

#main-wrapper{padding-left:10px;width:590px;float:left;word-wrap:break-word;overflow:hidden; background:#FFF}

Ini yg saya terapkan di sakahayang,,,,

wilujeng ngeblog

oiya mohon maaf sobat saya ngetik blog Dofollow menjadi incara para komentator karena mengharapkan backlin,,, maaf yach sob, jadi sulit membedakan dofollow dan nofollow...

pencari backling nya gimana ya gan? ane juga pengen cari backlik ah. heheh.

si agan juga sepertinya no follow ya? saya no follow aja dah, biarin, kalau dofollow takutnya ntar banyak spam, jadi repot sendiri. lagi juga masih baru. hehe.

Blog dofollow memang menjadi incran para komentator dalam hal mencari backlink. Apalagi komentator tsb sedang mengikuti KONTES SEO. Pasti salah satu cara untuk mengoptimasi konten yg dilombakan tsb adalah dengan mencari blog dofollow. Banyaknya komentar pada blog dofollow, saya kira tergantung juga popularitas blog dofollow tsb. Jika blog dofollow tsb ramai pengunjung, pastilah banyak juga komentar pengunjung yg mereka tinggalkan tapi kalo blog dofollow tsb minim pengunjung pasti juga komentar pengunjungnya sedikit.

Kemudian untuk hal inbound yg lebih banyak dari blog dofollow, kita bisa mengantisipasinya dengan mengaktifkan fitur moderasi pada komentar rsb dengan maksud mengantisipasi komentar2 yg tak berbobot dan relevan dengan topik yg di bahas. Itu yg saya pahami tentang blog dofollow karna saya juga termasuk dalam aliran yg satu ini yaitu Blog dofollow. U Comment I Follow

Hidup adalah pilihan sob dan tidak memilihpun adalah suatu pilihan juga. :) Salam kenal untuk semua yg sdh komentar. Hehee

Sekalian bantu Admin blog ini untuk memberikan informasi yg sobat cari....
Salah satunya yaitu silakan kunjungi aja artikel ini daftar blog dofollow terbaru dan silakan kunjungi satu persatu link blog yg disertakan. Happy comment aja deh.... :D

Makasih banyak nih masukannya sobat Asis dan Sobat Agung Talaga....
sorry admin baru sempet ngurus nyentuh Blog nih....
Setuju, karena Blog ane baru ganti Template, jadi blon di ganti settingan jadi Do Follow.....belum sempet nyetingnya nih....
makasih banyak smua dah nyempetin mampir disini...

Makasih banyak Kang, iya nih Blog ane agak berat Loadingnya....
banyak belajar ama akang sakahayang....
mohon bimbingannya kang...hehe
Happy Blogging Oge kang...!!

Sama sob, ane baru ganti template dan blon ane setting sob...
makasih dah mampir disini

Tapi blog saya menggunakan label nofollow, Sob. Jadi tergantung minat dan kesenangan Sobat saja. Mau pilih yang DoFollow atau yang NoFollow. NICE SHARE :-D

ilmu yg sempet lupa, sekarang inget lagi karna tutorial ini, makasih sobat untuk infonya

Iya sob, belom ane Setting. soalnya baru ganti template. nanti ane setting biar Do Follow.

Sama-sama sobat Aldio...
makasih dah mampir dan nyempetin hadir disini

Sebenarnya awal Saya merubah blog nofollow menjadi dofollow itu karena status blog yang masih baru. Karena pernah baca juga status blog yang baru memiliki peran penting untuk dapat menarik perhatian pengunjung so dofollow adalah cara fishing kita disini. Tapi kembali kepada pengunjungnya juga kalo gak tau apa itu nofollow dan dofollow ya sama saja, bentuk populeritas blog selain di lihat dari pengunjung pastinya konten dan SERP seo friendly tidak? kalo gak ya tetep sepi seperti blog Saya hehe

thank untuk infonya sobat, ditunggu nih postingan terbarunya sobat...

Kunjungan sore sob.
Blog saya nofollow dan akan setia dg nofollow. Hehehe.

waah sekarang ane ngerti perbedaan'y... makasi gan udah share ilmu'y :)

cukup lengkap mih sob pencerahannya tentang blog dofolow dan nofolow.... jadi banyak ngerti :D

Wah, berkunjung lagi, nih, Sob. Saya berharap semoga semua teman-teman yang ada disini dan melihat komentar ini dengan ikhlas mengunjungi blog saya. Amin. :-D

wah koment saya ko ga di balas ya. eheheheh. ya sudah lah, hanya mampir lagi. mau koment eh ternyata ud. yaud koment lagi aja.

Tadinya saya nggak paham, tapi sekarang dah lumayan mengerti
terimakasih ilmunya kawan

nice post.. ngomong2 blog ini menganut sistem dofollow ap nofollow gan?? heheh..

happy blogging :D

weah jadi tau dah gambaranya, makasih ya bang.

dofollow sma nofollow mah sama aja, yg penting dpt backlink trs dpt pengunjung trs dpt duit, haha

betul banget mas,, yang pnting optimasinya kuat..

sekarang memang sudah tidak begitu berlaku akan dofollow dan nofollow

sy dr dlu sdh dengar namax tp gk begitu ambil pusing dgn keduax tp ternyata sangat penting.., thx infox pak...., klo blog sy masuk kategori nofollow ya..??, *smile

thnk ya mas atas pnjelasanya

gk d salah memcoba....

sip, artikel bagus... tp mas, pa gk da cra lain untuk melihat blog nofollow & dofollow?

hooo cek dulu kalau begitu :D

ra mudeng aku rekk :D

Baru tau sekarang perbedaan dofollow dan nofollow, terima kasih

Infonya sangat bermanfaat gan . . .

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

Mantap kang Artikelnya, Comment2 nya bagus-bagus. Salam kenal ya Kang.

mantap sharenya

MAntab Share ini artikel......THANKS siap di coba

Kok pada Takut banyak spammernya ya.,, Emang Mau Ngeblog Sampai kapan ya.. Lagian Nanti juga pada mati semua kan.. Blognya cuma tinggal Kenangan,, Jadi biar sajalah para smpammer memanfaatkan blog anda sebagai tempat Promosi.. Kpaan Lagi anda membantu orang lewat Blogging kalo bukan dengan cara memberi kebebasan para spammer.. By orang Lagi patah Hati...:P

masih belum ngeh ma nofollow n dofollow mas. saya nu newbe di blog. tolong mampir n saranya mas!
http://ysardika.blogspot.com

artikel nya bagus; kira-kira bisa ngak ya,,, kalau kita pakai dofollow dan no follow secara bergantian?? terima kasih

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top