Profesi Internet marketer, tantangan dan Harapan!

Profesi Sebagai Internet marketer, tantangan dan Harapan!

Menjadi seorang Internet Marketer memang tidak mudah, tetapi juga tidak sulit lho. Intinya ya pantang menyerah, tidak mudah berhenti serta putus asa, dan Kejar terus impianmu. Banyak iming-iming bahwa menjadi internet marketer itu memiliki banyak waktu di rumah, menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga, bebas finansial (karna uangnya otomatis masuk rekening, hehee..), kerjanya bisa dimana saja (asal ada jaringan internet/wifi), bebas macet di tengah padatnya kota jakarta, bebas jalan kemana aja tanpa terikat sistim kantor, dan bebas bangun jam berapa aja karena gak ada bos yang marahin kalo datang terlambat.

Sebagai seorang Internet Marketer, hal yang paling menggelikan adalah ketika ditanya oleh tetangga. "Zaenal, Kerja dimana sekarang?" Alhamdulillah di rumah aja. "Loh, bukannya kemaren kuliah s2? kok masih di rumah aja" Iya ni, memang sekarang status dan profesi saya pengangguran.Tbk (Tak butuh kerja) Langsung mengkerut kening yang nanya.

Memang persepsi masyarakat mengenai pekerjaan adalah, "Berangkat Pagi dan selesai pulang sampai sore berada di luar rumah (kantor, pasar, workshop dll)", bukan berada di rumah dan depan monitor komputer/laptop saja.



Eh, tunggu dulu, Internet Marketer makanan apaan sih? hehe...lagi laper ya ngomongin makanan terus. Internet marketer itu bukan makanan bro, tapi ia adalah pelaku Internet marketing. Baik, dibawah ini akan dijelaskan mengenai makna dan arti dari internet marketing.

Profesi Internet marketer, tantangan dan Harapan

Internet Marketing merupakan usaha untuk memasarkan produk atau jasa yang menggunakan website, Blog, Social Media sebagai medianya.

Program Internet Marketing ini memberi peluang pada anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak sedikit hanya cukup melalui kegiatan di internet. Bisa dikerjakan dimana saja (area tersebut ada fasilitas internetnya) , kapan saja dan oleh siapa saja.

Banyak orang Indonesia yang memanfaatkan internet untuk keperluan yang kurang bermanfaat, misal : hanya baca-baca mail-list, mencari-cari artikel yang disukai namun kurang bermanfaat, menjelajah website porno, artikel politik, gosip artis, dan sebagainya. Mengapa anda tidak memanfaatkan waktu luang anda untuk hal-hal yang bermanfaat & mendapatkan panghasilan tambahan?, yaitu dengan menjadi seorang internet marketer dari haji-indonesia.com atau Propertydanrumah.com. Jika waktu luang anda dimanfaatkan dengan baik maka anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak sedikit dan sekaligus membantu mempermudah dalam melayani Klient.

Banyak sekali orang yang mulai melek dan terbuka terhadap kesempatan meraih penghasilan melalui bisnis online di internet. Salah satu bukti adalah statistik kafesantai.com yang menunjukkan kalau postingan mengenai jual beli di kaskus.com menjadi primadona, sekaligus postingan paling banyak diakses.

Tapi banyak sekali orang yang kemudian mundur karena merasa gaptek, merasa tidak percaya pada potensi bisnis online, atau merasa nggak cukup modal, bahkan merasa terlalu sibuk untuk meluangkan waktu belajar internet marketing.

Saat ini adalah tahun ke-2 saya menekuni internet marketing, dan yang saya rasakan, hal yang paling sulit adalah berfokus. Untuk kendala teknis, misalnya coding, membuat banner, memasang scripts dan sejenisnya, kita bisa pelajari, baik dari googling, bertanya pada teman, atau bertanya pada rekan-rekan yang fokus di internet marketing,

Kesulitan membuat artikel, misalnya malas atau sibuk, bisa diakali dengan membeli artikel dari penulis lepas yang banyak kita temukan di internet.

Tapi masalah berfokus ini sulit sekali, banyak sekali godaan, misalnya bosan, kok menulis terus ya? Rasanya lama-lama menjadi bosan.

Kemudian saat asyik mengupdate blog, tiba-tiba ada ide melintas, untuk membuat blog topik baru, kalau nggak segera dikerjakan, nanti keburu lupa idenya, kalau dikerjakan langsung, buyar deh acara posting update-an blog nya.

Tapi yang paling menyebalkan adalah godan income yang menggiurkan, misalnya saja saya lagi asyik menekuni adsense (blogging) tapi diajakin chatting teman yang mendapat income besar dari bisnis affiliasi, atau dari Ebay, wah gimana nich, terusin gak ya fokus saya, atau ini lebih menjanjikan?

Dulu saya suka sekali meloncat ke potensi income baru yang kelihatannya lebih instant dan menjanjikan, tapi akibatnya malah tidak mendapat apa-apa, ibaratnya pohon yang sudah saya tanam dan saya pupuk, saya tinggalkan untuk menanam pohon baru, saat masa panen, tidak satupun yang hasil panennya bagus.

Belajar dari pengalaman 3 tahun ini, saya  harap saya bisa lebih bijak di tahun ke-4 ini, dan bisa lebih berdisiplin serta berkomitmen dalam berfokus. Ini merupakan tantangan terberat saya di bisnis online.

Tapi saya yakin, teman-teman lain juga pasti punya tantangan tersendiri yang tidak kalah beratnya.

Namun yakinlah kalau internet marketing sesungguhnya adalah bisnis online yang memiliki potensi dan masa depan, siapa saja bisa mengerjakannya, tidak ada orang gagal di bisnis ini, yang ada adalah orang yang berhenti terlalu cepat.

Saya sendiri sudah melihat teman-teman online saya banyak yang dari part timer menjadi full timer internet marketer, bilamana mereka tidak bisa hidup dari bisnis ini, saya yakin mereka tidak akan melepaskan pekerjaan mereka untuk berpindah ke dunia online.
1 Komentar untuk "Profesi Internet marketer, tantangan dan Harapan!"

mantab ho ulasannya ^_^ that right

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top