Cara mudah Optimasi SEO Blogspot

Cara mudah Optimasi SEO Blogspot | Cara sederhana mengoptimasi Blogger

Optimasi SEO Blogspot itu simple, mudah dan Sederhana. Walaupun tidak sedikit yang meremehkan blog gratisan milik Google ini. Namun sudah banyak bukti yang Bisnisnya mengandalkan dari Blogger/Blogspot ini. Sudah banyak contoh yang patut di tiru, dan saya pun salah satu pemakai Blogger setia dalam menjalankan bisnis Online.

Cara mudah Optimasi SEO Blogspot

Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage

Optimasi SEO sendiri secara umum dapat kita kategorikan menjadi dua, yaitu : optimasi SEO on Page dan  Optimasi SEO off Page.

A. Optimasi SEO on Page
Optimasi SEO on Page yaitu optimasi SEO yang dilakukan dalam blog itu sendiri ( internal ) misalnya melakukan modifikasi dan mengoptimalkan beberapa bagian blog. Misalnya :

1. Mengotimalkan nama Domain
Mengoptimalkan nama domain dapat kita lakukan pada saat pertama kali kita membuat blog / website, kita harus menentukan nama domain blog/website sependek mungkin agar mudah dikenal dan ingat oleh semua pengguna internet. Saran saya dalam memilih domain jangan menyisipkan angka, karakter, atau simbol tertentu, misalnya : ( d0wnlo4d.blogspot.com, copy-in.blogspot.com ). Jadi sebaiknya kita hanya menggunakan huruf saja misalnya : ( download.blogpot.com atau copyin.blogspot.com )

2. Pemasangan Meta Tag
Menurut pendapat saya meta tag bagi sebuah blog yaitu merupakan data diri atau atribut dari blog tersebut. Meta tag biasanya terbagi tiga yaitu :
- meta description : berisi deskripsi dari blog / wesite kita.
- meta keyword     : berisi macam-macam kata kunci untuk halaman homepage blog kita
- meta tag site confirmation untuk mengonfirmasi penaftaran blog disuatu situs seperti google, alexa, bing dll.

3. Pengguaan Struktur Heading (H1, H2, H3, dst)
Dalam penggunaan struktur heading sebenarnya macam-macam, tergantung kemauan masing-masing, ada yang berpendapat jika :
h1=judul blog | h2 = judul posting | h3 = judul widget /sidebar
namun ada juga yang bilang :
h1=judul posting | h2 = judul posting | h3 = judul widget


Tapi yang jelas jujur sampai saat ini saya belum tahu mana yang paling SEO Friendly hehe, maklum saya kan juga baru belajar ngeblog hehe.

4. Memasang Navigasi Breadcrumb
Navigasi breadcrumb berfungsi untuk mempermudah googlebot dalam mengetahui letak postingan di blog atau website kita. Navigasi breadcrumb biasanya terletak diatas judul postingan.
5. Menggunakan template SEO Friendly
Tidak semua template baik untuk optimasi SEO Friendly. Menurut artikel yang saya baca di blog lain, ciri-ciri template SEO friendly biasanya :
- Hanya mempunyai dua kolom dengan sidebar di sebelah kanan
- Loadingnya cepat dll
6. Memasang widget Recent Post atau Artikel Terbaru
Poin ini sebenarnya sudah saya jelaskan pada saat saya menulis postingan mengenai "Widget Yang Harus Dipasang di Blog". Dengan memasang widget ini, para pengunjung blog akan dapat dengan mudah mengetahui mana postingan yang baru dan yang lama.
7. Memasang Widget Artikel Populer / Popular Posts
Untuk mengetahui alasan mengapa widget ini penting untuk dipasang, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Widget Yang Harus Dipasang di Blog"
8. Memasang widget artikel terkait atau Related Post
Untuk mengetahui alasan mengapa widget ini penting untuk dipasang, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Widget Yang Harus Dipasang di Blog"

9. Cara Menulis atau Membuat Artikel
Dalam menulis artikel sebaiknya belajarlah untuk membuat artikel yang baik dan menarik utnuk dibaca. Sedangkan untuk urusan SEO, biasanya harus ada keyword / kata kunci yang  becetak tebal, bergaris bawah serta tek miring

10. Penggunaan tag Title dan Alt pada gambar
Peggunaan tag title dan alt pada gambar sangat penting, tujuannya yaitu agar googlebot dapat dengan mudah dalam merayapi blog kita untuk kemudian di index. Jadi gambar yang ada di blog kita dapat terindex oleh google.

Sebenarnya masih ada lagi tapi sebagai contoh cukup hanya itu dulu hehe. Nah sedangkan optimasi SEO Off Page, adalah kebalikan dari optimasi SEO on Page.


B. Optimasi SEO Off Page
Optimasi SEO off Page yaitu optimasi SEO yang dilakukan diluar dari blog itu sendiri, dan biasanya berkaitan dengan backlink. Misalnya :
1. Submit Blog ke Search Engine ( Google, Yahoo, Bing, Ask dll )
2. Submit Blog ke Directory
3. Sumbit blog ke Social Bookmarking
4. Submit blog ke social networking
5. Melakukan ping blog
6. Melakukan blogwalking apalagi ke blog dofollow ( tukar link, saling follow ataupun coment )  
7. dsb

Demikian sedikit Ringkasan dan Sharing Zaenal Blog mengenai Cara mudah Optimasi SEO Blogspot. Semoga bermanfaat.
4 Komentar untuk "Cara mudah Optimasi SEO Blogspot"

Ini sangat sulit dilakukan kak, walaupun sudah bisa melakukannya belum tentu blog dapat terindek dengan segera, tapi ini sebagai pembelajaran buat kita, nice post ?

Nah masalah begini nih yg suka gak di perhati'in sama blogger pemula ...
Thx info nya ...

komplit penjelasannya sob
izin simpan ya
kapan-kapan dipraktekkan

Awesome issues here. I'm very satisfied to see your article. Thank you a lot and I am having a look ahead to touch you. Will you please drop me a mail?

Have a look at my blog :: How to get rid of static electricity

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top