Cara mengubah Sifat Toxic dalam Diri

Assalamualaikum sobat zaen, Alhamdulillah dalam kesempatan Kali ini Kita sama-sama Masih diberikan rizki oleh yang Maha kuasa berupa umur Dan waktu. Baik kawan, Kali ini Kita akan sharing Dan belajar mengenai toxic person.

Istilah Toxic saat ini memang menjadi trend, begitu juga dalam dunia perkembangan psikologi. Mari Kita Bahasa step by step mengenai toxic.

Apakah makna istilah Toxic? 
Toxic dalam Bahasa berarti racun. Dan istilah ini jika dalam makanan ya, berarti racun. Namun dalam istilah psikologi toxic berarti pribadi yang Berbahaya, yaitu bahaya dalam meresahkan orang-orang yang Ada disekitarnya., Khususnya secara psikologis.

Kenapa Ada orang yang toxic? Ini bisa disebabkan Karena lingkungan yang toxic, bisa berupa teman, saudara, Dan bahkan orangtua yang selalu mengekang Dan tidak pernah menghargai seseorang, Dan bahkan Karena bully lingkungan. 

Biasanya orang yang toxic tidak menyadari jika dia adalah orang yang toxic. Biasanya setelah Ada kejadian-kejadian tertentu baru is mulai menyadari, bahwa keberadaan dirinya menjadikan orang lain yang disekitarnya menjadi tidak nyaman.

Apasih Ciri-Ciri kalo seseorang itu toxic? Dibawah ini akan zaen sampaikan berapa Citi orang yang mengalami toxic dalam hidupnya.

Ciri-Ciri orang yang toxic?
Nah, untuk Ciri-Ciri ya disini akan penulis sebutkan berapa diantaranya adalah:

1. Hobi mengomentari orang lain
2. Kalo mood lo jelek, orang jadi takut
3. Pasif - Agresif
4. Gak bisa minta maaf Dan gak mau disalahkan
5. Gak menghargai pribadi orang Dan posesif
6. Susah untuk mengerti perasaan orang lain
7. Senang merendahkan orang lain
8. Gak suka liat orang senang.

Demikianlah berapa Ciri-Ciri secara garis besar. Kalo lo merasa Ada berapa diantara Ciri diatas, atau bahkan semuanya, maka lo adalah orang-orang toxic dimata orang2 disekitar lo. Klo lo dah menyadari maka segera berusaha diperbaiki. Ataupun kalo lo dah Tau Ciri diatas, jika Ada rekan, saudara atau pasangan lo yang toxic, maka lo juga bisa untuk menasehatinya dengan Cara yang baik.

Jangan menjudge seseorang yang toxic, Karena demikian tidak akan membuat perbaikan. Namun cobalah untuk selalu berusaha untuk menasehatinya Dan menyampaikan bahwa orang tersebut toxic. 

Setiap orang bisa saja mengalami toxic ketika mengalami kejadian-kejadian dalam hidupnya. So, don't judge him.

Kenapa sih orang bisa menjadi Toxic?

Biasanya, orang toxic itu adalah korban dari orang toxic lainnya. Bisa jadi keluarga lo yang toxic, Dan lo tumbuh di lingkungan keluarga yang toxic, seperti hobi orang tua menyalahkan lo, gal ngasih pribadi ke lo, atau hobinya komentar negatif atas Semua Hal yang lo lakukan. maka lo bisa aja menjadi orang toxic juga. 

Atau lo jadi korban bully dari lingkungan disekitar lo sehingga lo hidup penuh dalam ketakutan. Atau juga bisa lo pernah punya pasangan toxic yang gak pernah menghargai lo, merendahkan lo Dan selalu bikin drama Karena alesan-alesan yang gak jelas. 

Tapi sekalipun itu dimasa lalu, Dan lo sudah tidak lagi berurusan sama mereka, biasanya lo akan tetep toxic, kecuali lo berhasil menyembuhkan diri. Kok bisa? Bisa aja dong, sebenernya alesannya simple sih, yaitu Karena "LUKANYA BELUM SEMBUH". Dan Luka batin itu bikin hubungan lo ama diri lo jadi kurang baik, akibatnya jadi insecure, sesuah percaya ama orang lain, atau gak bisa respek ama diri sendiri, Dan banyak lagi efek negatif dari diri sendiri akibat Ada orang toxic dihidup lo.

"Sifat Toxic mungkin datang Karena hubungan gak sehat dengan orang lain, tapi sifat itu bertahan Karena hubungan gak sehat lo ama diri sendiri."

Gimana caranya supaya lo gak jadi orang yang toxic?

Sesuai dengan judul postingan ini, bagaimana Cara mengatasi orang toxic. Cara yang paling mendasar adalah :
1. Lo harus melatih Empati lo

Empati adalah kemampuan lo buat ngertiin perasaan orang lain. Nah gimana sih Cara Kita buat ngerti sesuatu? 

Pada dasarnya Kita udah ngerti sesuatu Karena Kita udah punya pengetahuan diotak Kita yang bisa Kita korelasikan dengan Hal yang Kita liat didepan Kita. 

Contohnya gini, lo punya pengalaman Dan pengetahuan bahwa yang bentuknya lembut Dan dingin maka itu namanya es krim. Jadi, jika suatu saat lo menemukan makanan yang bentuknya sama, Dan juga dingin, makanitu namanya juga es krim. Lo bisa Tau ininkarena lo dah punya pengetahuan apanitu es krim.

Nah, dalam empati yang Mana lo harus ngertiin perasaan orang lain, lo harus ngerti dulu, apakah itu perasaan? Apasih rasa bahagia/senang itu? Apasih sedih itu? Apa itu marah, apa itu takut, apa itu kecewa Dan apa itu patah hati, Dan berbagai perasaan lainnya. (06:15)














0 Komentar untuk "Cara mengubah Sifat Toxic dalam Diri"

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top