Belajar Digital Marketing (lagi)

Buat apa sih belajar digital marketing? 
Kira-kira perlu gal penulis jawab pertanyaan diatas? Gak perlu Kali ya, penulis yakin rekan-rekan sudah pada mengetahui apa penting nya digital marketing di era seperti sekarang ini.


Terlebih lagi saat pandemic covid-19 melanda sejak awal tahun 2020 ini, saat orang-orang tidak bisa lagi keluar semaunya, dilarang kerasa untuk berkerumun demi menghindari penularan virus ini yang sangat cepat Dan menantikan (katanya). 

Bukan Hanya dampak kesehatan saja yang terasa, namun juga ekonomi khususnya Dan juga sosial, psikologi Dan banyak lagi. Perekonomian di hampir seluruh dunia terdampak, termasuk Indonesia. Mall mall tutup, banyak perusahaan yang (juga) tutup Dan bangkrut, yang akibatnya tidak sedikit pegawai Dan karyawan yang harus dirumahkan. Atau juga yang Masih kerja gaji dipotong 50% Karena sudah tidak aktif lagi. Banyak sekali fenomena yang terjadi.

Pedagang-pedagang UKM pun tidak sedikit yang bangkrut. Nah, jenis usaha apa yang Masih bisa bertahan bahkan Malah berkembang pada saat pandemic ini? Tentunya usaha Dan e-commerce yang menggunakan digital marketing sebagai media pemasarannya. Coba saja lihat e-commerce seperti shopee Dan tokopedia, toko online (baju, makan dll). Dan perusahaan digital seperti Zoom pun bahkan melonjak tinggi peningkatannya saat pandemic ini, begitu juga tiktok Dan banyak lagi perusahaan yang berbasis online.

Cukup dipahami ya akan penting ya digital marketing saat ini. Nah, Kali ini penulis akan sharing cerita mengenai belajar digital marketing. Sebenernya gw mulai mengenal Dan menekuni digital marketing sejak tahun 2011 lalu, ya, cukup lama Dan cerita yang panjang. Gejolak Naik turun dalam bisnis pun cukup fluktuatif. Ya, maklum tidak Dak background sebagai entrepreneur, jadi banyak belajar Dan ujiannya.

 Bisnis pertama yang mulai penulis coba Onlinekan saat itu, sebagai Bahan percobaan Dan Alhamdulillah berhasil saat itu adalah bisnis milik orang tua, yaitu Bengkel Las Dan kanopi, yang Alhamdulillah hingga saat inipun Masih berjalan Dan mengandalkan konsumen dari online. 

Dunia digital Dan Internet itu sangatlah dinamis, sangat cepat pergerakannya, harus selalu update, harus bergerak cepat. Memanglah cukup lama penulis fakum dan kurang update mengenai perkembangan digital marketing. Bahasa lainnya adalah, saat anda berhenti untuk belajar, maka bisnis andapun berhenti untuk berkembang. 

Memanglah kalau mau cari-cari alasan adalah karena kesalah penulis Karena tinggal dipelosok desa yang sangat sulit untuk mencari koneksi internet. Dannn, penulis baru mulai belajar lagi Dan aktif dalam Internet marketing sejak pertengahan tahun 2019, ternyata banyak sekali ketinggalan Dan harus berlari cepat mengejar ketinggalan.

Hingga akhir-akhir ini gw lagi suka ikutan sertifikasi digital marketing yang dah gw sharing dipostingan sebelumnya, Dan juga lagi hobi untuk beli tutorial-tutorial oremium, Dan bahkan perbulan spending tidak kurang dari 3 jutaan, Dan Alhamdulillah sedikit-sedikit mulai cerah kembali mindset gw mengenai digital marketing, walaupun Masih banyak Hal yang harus dikejar (lagi).

Semoga bisa selalu istiqomah Dan bisa menebar banyak manfaat melalui media digital marketing ini...
0 Komentar untuk "Belajar Digital Marketing (lagi)"

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top