Belajar ASO (App Store Optimization) yuk

 Assalamualaikum. yes, ketemu lagi di blog yang hampir mati suri nih. Kali ini gw akan share tentang hal yang masih berhubungan dengan Digital marketing, iya, karena ini adalah hal yang gw geluti sejak 2012 lalu, dan gak kerasa udah sekitar 9 tahunan lebih, dan masih berkutik dalam hal teknis dalam digital marketing.

Belajar ASO App Store Optimization


Dunia digital dan internet itu memang sangat dinamis & perkembangannya pun amat lah sangat cepat, sebentar saja kita gak update mengenai perkembangan digital, bakal ketinggalan info dan tertinggal dengan yang lainnya. Banyak sekali channel dalam digital marketing kalo mau dipelajari, dan tentunya, kita amat sulit untuk expert di semua channel digital marketing, seperti Organic dan paid channel. Organic channel pun dibagi banyak bagian, seperti SEO (Search engine Optimization) untuk website, Sosial media optimization (Instagram, Facebook etc), dan yang saat ini sedang banyak dibutuhkan juga adalah ASO (App Store Optimization). Nah, kali ini gw akan sedikit share mengenai ASO sekedar yang gw pahamin walau gak banyak.

App Store Optimization (ASO) - pengertian, manfaat, faktor yang mempengaruhi ranking ASO, Tips meningkatkan ASO 

Tahun 2021 awal gw dikasih kesempatan untuk bekerja disalah satu app, yang tentunya masih dalam bidang digital marketing, yaitu handle untuk tim digital marketing, SEO, ASO dan SEM (Google ads). Kalo mengenai SEO mungkin sudah banyak yang bahas dan share. Mari langsung kita bahas mengenai Tips mengoptimasi app store (ASO) yang simple dan lengkap dibawah ini : 

Apa itu ASO?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ASO yaitu singkatan dari App Store Optimization.  ASO adalah teknik bagaimana cara meningkatkan visibilitas dan peringkat/ranking aplikasi seluler di Google Play Store dan App Store. ASO memang tidak jauh berbeda dengan SEO (Search Engine Optimization) secara konsep dan teknis.perbedaannya hanyalah jika SEO untuk optimasi website di search engine sedangkan ASO yaitu untuk optimasi aplikasi di playstore (Android) maupun app store (apple).

Apakah ASO itu penting?

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa setiap hari ada ribuan aplikasi launch di app store (playstore maupun aple store). Karena memang saat ini merupakan zaman serba aplikasi yang memudahkan para user dalam melakukan transaksi. Jika sobat atau perusahaan sobat meluncurkan sebuah aplikasi, pastinya akan tertiban dengan ribuan app yang launch setiap harinya. oleh karena itu untuk mendapatkan peringkat ranking dalam aplikasi Anda, maka melakukan ASO merupakan keharusan. 

ASO merupakan senjata rahasia yang ampuh bagi orang yang mengetahui dan itu akan memberikan pengaruh yang besar terhadap peringkat/ranking juga kesuksesan aplikasi sobat secara keseluruhan. Kabar baiknya yang perlu sobat ketahui adalah,  sebagian besar developer tidak berinvestasi di ASO, mereka lebih fokus terhadap APK yang mereka buat, sehingga ini merupakan angin segar untuk kita.

Survei menyatakan bahwa 75% download aplikasi Android berasal dari pencarian. Realita nya pun terjadi di tempat gw bekerja, download dari organik rata-rata adalah kisaran 2k-3k/hari. Walaupun masih sedikit dan belum tup maksimal. 

Jika kita menggunakan Agency atau market agregator yang membantu memasarkan aplikasi kita, rata-rata mereka menawarkan CPI (cost per instal) dengan harga yang mereka tawarkan adalah $0,7 - $1,2 per install sesuai dengan jumlah download perhari yang kita minta. semakin banyak kita minta jumlah download, maka semakin tinggi harganya. kebayangkan, kalo kita bisa menghasilkan download/install organik dengan menggunakan ASO 1000/hari, kita memiliki keuntungan kisaran 10 jutaan perhari. Nah, sekarang sobat ada gambaran kan betapa pentingnya melakukan ASO? semoga bisa dipahami ya.

Beberapa Faktor yang mempengaruhi ranking ASO


to be continued...


0 Komentar untuk "Belajar ASO (App Store Optimization) yuk"

"Thanks telah mampir dan Berkomentar Disini, yo kita saling vote dan comment"

Back To Top